RHOMA IRAMA DAN PENGARUHNYA TERHADAP MUSISI LAIN.

Konser dengan Godbless, Damai di ujung tahun (1977).



Di ujung tahun 1977, tercetuslah konser yang menyatukan God Bless dan Soneta Group. Acara sarat sensasi ini bisa juga dianggap sebagai pertanda bahwa antara musik dangdut dan rock tak ada lagi pertikaian atau perseteruan. Bahkan Rhoma Irama dengan tanpa malu-malu lagi mengadopsi gaya rock ala Deep Purple dalam sajian musik Soneta Group.



 Konser yang berlangsung 31 Desember 1977 itu berlangsung dengan riuh tanpa insiden sama sekali. Achmad Albar berduet dengan Rhoma Irama menyanyikan lagu Begadang serta hits dari Duo Kribo bertajuk Neraka Jahanam.


Di tahun 1979, Achmad Albar dengan musik yang digarap gitaris God Bless Ian Antono merilis album dangdut bertajuk Zakia. Album ini sukses di pasaran. Achmad Albar bahkan sempat merilis sekitar 4 lagi album bercorak dangdut. Achmad Albar bahkan mengikuti jejak Rhoma Irama bermain dalam dua film bertema dangdut yaitu “Irama Cinta” dan “Cubit Cubitan” bersama Elvy Sukaesih.


Dari Kiri: Amin Thahir (Pimprod), Jackson Arief, Ucok Aka, Maman Firmansyah, Rhoma Irama, dan Sjamsuddin.
Tumpeng untuk film Darah Muda (1977).


Rhoma Irama sendiri mengajak Ucok Harahap dedengkot AKA bermain dalam film “Darah Muda” (1977) dimana di film ini Rhoma Irama yang mewakili dangdut menundukkan Ucok Harahap yang mewakili rock. Cerita sejenis ini pun berulang lagi dalam film Menggapai Matahari dan sekuelnya Menggapai Matahari II di tahun 1986, kali ini Ikang Fawzi memerankan penyanyi rock yang berseteru dengan Rhoma Irama.
Di tahun 1985, Rhoma Irama sepanggung lagi dengan God Bless untuk kali kedua dalam acara bertajuk “Apresiasi Musik Anak Muda 1985” yang digelar di Stadion Utama Senayan 22 Desember mulai jam 19.00 WIB.

Rhoma & Ucok Aka.


Sampai di era milenia sekarang pun Rhoma Irama dan Soneta sudah banyak berkolaborasi dengan para musisi tanah air, katakanlah seperti Dewa19, Slank, Jamrud, Wali, Armada, Ungu, Krisdayanti, Rossa, Yuni Sarah, Ada Band, dll.
Terakhir yang paling sensasional bersama Iwan Fals.
Semoga selanjutnya ada pihak yang bisa mempertemukan kembali Rhoma Irama dan Ahmad Albar dalam duel meet antara Soneta VS Godbless. Aamiin...

Comments